Mengeblok Flash dari Browser

Akhir-akhir ini semakin banyak website yang tidak beretika, menjejali pengunjungnya dengan iklan-iklan besar yang menutup hampir keseluruhan layar. Iklan yang muncul tiba-tiba dan menutup sebagian layar tidak hanya memakan bandwidth tetapi juga sangat mengganggu. Banyak sekali iklan bertebaran di situs-situs besar, baik yang berbentuk teks maupun gambar. Tapi di antara iklan yang paling menyebalkan tentunya adalah iklan berbentuk animasi Flash. Tidak hanya menampilkan gambar bergerak, terkadang iklan tersebut juga mengeluarkan suara yang mengagetkan.

Browser adalah pintu gerbang menuju dunia maya, maka sudah sewajarnya kita melindunginya dari hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk mengatasi masalah yang cukup mengganggu ini, kita dapat memasang plugin flashblock pada browser. Khusus untuk Google Chrome ada sebuah pilihan yang dapat diaktifkan untuk mengeblok script-script yang tidak bisa dijalankan secara alami oleh browser, atau dengan kata lain script yang berjalan menggunakan plugin seperti Flash. Cara mengaktifkannya adalah dengan menuju ke menu settings -> Under The Hood -> klik pada tombol Content Settings pada bagian Privacy -> cari pada bagian Plug-ins -> lalu pilih Click to play.

click to play flash

Dengan pilihan ini, pengguna diharuskan mengeklik tulisan “click to run the Flash plug-in” pada browser ketika sebuah animasi Flash muncul. Tentunya kita hanya mengeklik pada media yang dipercaya dan tau isinya tidak akan membuang-buang waktu atau bandwidth, misalnya pada saat menonton video di Youtube. Kini kita bisa berselancar, membaca informasi di dunia maya dengan nyaman dan aman tanpa gangguan animasi Flash. Mungkin pada versi Firefox berikutnya pilihan ini juga akan disertakan. Di bawah ini adalah tampilan pada saat dijumpai animasi/video Flash pada browser.

click to play flash plugin

About Sibudi

Ubuntu user | Loves books | Blogger | Web Developer | Learn PHP, JavaScript, Ruby & Python the hard way

02. May 2012 by Sibudi
Categories: Off Topic | Tags: , | Leave a comment

Leave a Reply

Required fields are marked *