Menghilangkan Versi WordPress dari Kode HTML

Menghilangkan informasi tentang versi berapa WordPress yang digunakan adalah ide yang bagus. Adanya informasi yang menunjukan versi WordPress yang diinstal, dapat sedikit membantu hacker untuk menyelidiki kelemahan sebuah blog. Dengan sedikit trik, kita bisa menyembunyikan fakta bahwa WordPress yang diinstal bukan merupakan versi terbaru.

Sebelumnya kita pelajari dulu bagaimana untuk melihat versi WordPress. Klik view source atau tekan ctrl + u untuk melihat kode html yang dihasilkan WordPress. Perhatikan ada

<meta name="generator" content="WordPress 3.2.1" />

Cara termudah yang disarankan untuk menghilangkan versi WordPress adalah dengan menginstal sebuah plugin. Namun trik berikut ini menurut saya lebih mudah, tanpa plugin. Edit dan tambahkan langsung di file function.php pada folder themes yang digunakan.

remove_action('wp_head', 'wp_generator');

Setelah ditambahkan sebaris kode di atas pada file function.php, coba kita periksa dengan mengklik view source pada browser. Jika generator meta tidak hilang, mungkin ditulis hard-coded di file header.php. Cari dan hapus kode di bawah ini:

<meta name="generator" content="WordPress <?php bloginfo('version'); ?>" />

Sebagai tambahan untuk trik yang pertama, dapat diganti menggunakan kode di bawah ini untuk menghapus semua generator meta versi WordPress, termasuk untuk menghapus tanda http://wordpress.org/?v=3.2.1 pada RSS feed. Bagi yang belum tau, tanda ini terletak pada source code RSS feed WordPress, pada bagian atas. Tanda ini tidak terhapus jika hanya menggunakan kode pada trik pertama di atas.

function remove_version() {  
   return '';  
}  
add_filter('the_generator', 'remove_version');

Terakhir, coba buka alamat blog Anda ditambah dengan readme.html (misal: http://blogsaya.com/readme.html). Halaman tersebut berisi deskripsi lengkap versi WordPress yang digunakan.
readme version wordpress

Saya rasa semua juga sudah tau, tinggal hapus saja file readme.html di direktori utama WordPress. Jika tidak ingin menghapusnya, cukup hapus nomor versi yang terletak di atas.

About Sibudi

Ubuntu user | Loves books | Blogger | Web Developer | Learn PHP, JavaScript, Ruby & Python the hard way

08. December 2011 by Sibudi
Categories: Troubleshooting | Tags: , , | 6 comments

Comments (6)

  1. trims gan langsung ke tkp

  2. mas, mo tanya, kalo mo ngilangin pop up di blog gratisan gimana? thanks.

  3. Mantap.
    Langsung ke TKP. 🙂

  4. Terima Kasih informasinya mengenai cara menghilangkan versi wordpress 🙂

  5. Terimakasih Om tips yang nya. Langsung di praktekin

Leave a Reply

Required fields are marked *