Memanipulasi URL pada Status Bar Browser

Mungkin teknik ini hanya digunakan oleh para penjahat dunia maya. Orang yang merasa perlu untuk menyembunyikan apa yang seharusnya bebas diketahui publik. Penting bagi kita untuk mengetahui teknik yang digunakan oleh para penjahat untuk melindungi diri bukan untuk sebaliknya. Biasanya ini digunakan untuk menyembunyikan/memanipulasi link referal atau sebagai langkah awal kejahatan phishing.

Ketika kita menyorotkan mouse pada sebuah tautan (link), misalnya ini, maka akan muncul URL dari tautan tersebut pada status bar. Biasanya terletak pada pojok kiri bawah sebuah browser.

Sebuah tautan yang benar adalah menggunakan tag HTML <a> dengan atribut href dan title. Atribut href wajib ada karena dibutuhkan sebagai tujuan sebuah tautan dan memunculkan URL pada status bar, sedangkan title opsional.

<a href="http://sibudi.net" title="Websiteku">klik di sini</a>

Berikut ini adalah 3 teknik yang digunakan untuk menyembunyikan atau memanipulasi tautan.

Cara pertama

<a style="cursor:pointer" onClick="location.href='http://sibudi.net'" >klik di sini</a>

Pada kode di atas, atribut href sengaja tidak ditulis. Dalam keadaan normal hal tersebut tidak berbahaya, hanya akan menampilkan tulisan “klik di sini” pada browser dan tidak bisa diklik. Namun dengan tambahan sedikit kode JavaScript di atas, tautan di atas akan mengarah pada “http://sibudi.net” tanpa dapat dilihat tujuannya oleh pengguna awam.

Untuk lebih meyakinkan dapat ditambahkan inline css cursor:pointer yang akan mengubah pointer menjadi gambar tangan. Bisa juga ditambahkan text-decoration:underline dan color sesuai dengan warna yang digunakan pada browser.

Cara kedua (hanya bekerja pada browser IE):

<a href="http://sibudi.net" onMouseOver="window.status='http://www.google.com'; return true" onMouseOut="window.status=''">klik di sini</a>

Tautan di atas tidak lagi hanya menyembunyikan URL tapi memanipulasi URL. Jadi pada status bar tertulis “http://google.com” padahal jika diklik akan menuju ke “http://sibudi.net”. Namun teknik itu tidak akan bekerja pada browser selain IE.

Cara ketiga

<script>
function redirect(URL) {

  document.location = URL;
  return false;
}
</script>

<a href="http://google.com" onClick="return redirect('http://sibudi.net');">klik di sini</a>

Teknik ketiga adalah gabungan dari 2 teknik sebelumnya, yaitu menggunakan atribut href dan onClick. Seperti yang kita tau, atribut href akan memunculkan URL pada status bar. Ketika tautan di atas diklik, maka akan membangkitkan event onClick dan memanggil fungsi JavaScript redirect.

Perlu dicatat bahwa ketiga teknik di atas sangat bergantung pada JavaScript. Jadi tidak akan bekerja pada browser yang di-disable Javascript-nya. Tautan akan tetap mengarah sesuai pada atribut href dan hanya berupa teks biasa jika atribut href tidak ada. Untuk menangani masalah JavaScript ini, bisa mengacu pada tulisan menangani browser dengan JavaScript disable.

About Sibudi

Ubuntu user | Loves books | Blogger | Web Developer | Learn PHP, JavaScript, Ruby & Python the hard way

15. June 2012 by Sibudi
Categories: JavaScript | Tags: , , , | 3 comments

Comments (3)

  1. klik di sini

  2. terimakasih kakak
    atas informasinya
    ditunggu tutorial lainnya

Leave a Reply

Required fields are marked *